Pecinta Markisa? Ini Cara Mudah dan Unik dalam Menyantap Markisa

Setujukah Anda jika dikatakan jika buah markisa adalah buah sehat terlezat di bumi? Ya, tak hanya sekedar memiliki aroma harum yang menggugah selera, kombinasi rasa manis asam segar dari buah ini membuatnya memiliki banyak penggemar dari berbagai negara. Selain dikonsumsi langsung sebagai camilan, ternyata markisa juga cukup sedap diolah menjadi beragam jenis makanan atau minuman lainnya.

Nah, bagi Anda yang sangat menyukai buah ini, beberapa rekomendasi cara menyantap markisa dibawah ini mungkin bisa jadi alternative untuk menikmati markisa dengan cara yang berbeda. Namun sebelum itu, simak dulu beberapa cara dalam memilih dan menyiapkan markisa sebelum siap untuk disantap.

Cara memilih buah markisa

Markisa yang lezat, tentu yang matang dengan sempurna. Sayangnya tidak semua markisa yang dijual dipedagang buah adalah yang terbaik. Karena itu kita juga harus pandai dalam memilihnya.

Buah markisa yang sempurna umumnya bisa dilihat dari luarnya. Ciri buah yang sempurna yakni jika warna kulit markisa cenderung ungu gelap dan sedikit keriput. Memang tampilannya tidak begitu cantik, namun justru markisa dengan ciri tersebut biasanya memiliki rasa yang sangat manis.

Banyak orang mungkin memilih markisa dengan kulit yang licin dan bersih karena dari tampilan luaran ini jauh lebih cantik, meski begitu untuk masalah rasa tentulah berbeda. Jangan mudah terpengaruh dengan luarannya. Selain itu, tingkat kematangan markisa juga bisa dilihat dari lunaknya tempurung kulitnya. Semakin lunak maka tandanya semakin matang.

Cara mengetahui tingkat kelezatan markisa

Setelah mengetahui ciri markisa yang sempurna, sekarang beranjak ke mengecek seberapa lezatnya markisa. Pengecekan ini bisa dilakukan tanpa harus membuka buahnya. Cukup dengan mengocoknya saja. Jika Anda mendapati atau merasakan ada banyak cairan dalam buah, artinya buah ini lezat untuk dimakan. Banyaknya cairan mengindikasikan semakin lezatnya buah tersebut.

Baca juga: Resep membuat cheese cake Markisa Lezat

Selain itu, lezat atau tidaknya buah markisa juga bisa ditandai dari aromanya. Jika yang tercium adalah wangi buah tropis, maka dipastikan rasanya cukup lezat. Dan sebaliknya, jika tidak ditemukan bau apapun maka rasanya bisa jadi hambar atau sangat kecut.

Cara mencuci dan memotong markisa

Sebelum menyantap ataupun mengolah markisa menjadi berbagai jenis santapan, sebelumnya ada proses yang tidak boleh dilupakan yakni mencuci dan memotong. Hal ini penting untuk menghilangkan bakteri dan berbagai bahan kimia berbahaya dari markisa.

Pertama, cuci buah markisa lalu kemudian letakkan pada talenan. Potong buah pelan-pelan menggunakan pisau yang telah dibersihkan. Gunakan pisau bergerigi untuk agar bisa dengan mudah memotong kulit markisa yang keras.

Ketika memotong markisa, sebisa mungkin hindari sari buah yang tumpah karena sari buahnya inilah yang justru sangat lezat. Selanjutnya keruk isi buah (yang bewarna jingga) dan markisa siap untuk diolah atau disantap langsung. Jika Anda ingin menyimpannya, pastikan untuk membungkusnya dengan plastik dan simpan dalam lemari es.

Ide resep lezat dari markisa

Ada beberapa cara untuk menyantap markisa antara lain:
1. Membuat jus markisa
2. Mencampurkan markisa sebagai bahan pembuat kue
3. Membuat selai markisa
4. Mencampurkan markisa dengan yoghurt

Nah, dari keempat ide resep lezat dengan bahan dasar markisa diatas, kiranya mana yang akan Anda pilih. Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan markisa, Anda bisa tetap bisa membuat beragam ide resep diatas menggunakan sirup markisa. Jadi tunggu apalagi?