Budidaya Tanaman Markisa Ternyata Gampang Lho

Bagaimana cara budidaya markisa dengan benar? Penasaran sekali dengan cara budidaya tanaman yang termasuk ke dalam genus Passiflora tersebut, tenang saja karena budidaya tanaman ini mudah dilakukan oleh siapa saja.

Cara Budidaya Buah Markisa

Berikut merupakan cara budidaya markisa dengan benar.

  1. Mempersiapkan bibit

Markisa memiliki nama lain yaitu passion fruit, chanh leo, granadilla, lac tien, maracuya,meski begitu tanaman ini memiliki beberapa jenis bibit. Persiapan bibit markisa digunakanuntuk budidaya dipilih yang unggul.

Bibit markisa yang biasa digunakan yaitu jenis markisa ungu dan markisa kuning. Memilih markisa ungu karena jenis markisa memiliki batang kecil, akarnya dangkal serta tidak mudah terserang nematoda. Markisa kuning batangnya lebih besar, sistem perakarannya dalam dan juga tahan terhadap nematoda.

2. Persiapkan lahan budidaya

Lahan yang digunakan budidaya markisa sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu. Tidak lupa Anda harus membuat lubang tanam sebesar 60cm x 60cm x 60 cm. Jumlah lubang tanam menyesuaikan dengan bibit yang ditanam.

3. Menanam markisa

Tanam bibit markisa pada setiap lubang yang telah dipersiapkan. Aturlah jarak tanam supaya nantinya pertumbuhan pohon tidak berdekatan. Markisa adalah jenis tanaman merambat, sehingga harus diberi tiang untuk media rambatnya.

Baca juga: Cara Menanam Buah Markisa Dengan Benar

4. Pemupukan

Cara budidaya markisa dengan benar selanjutnya melakukan pemupukan. Setiap satu tahun tanaman markisa dipupuk sebanyak tiga kali. Pupuk yang dapat digunakan yaitu KCl 800- 1200 gr, Urea 800-900 gr, dan TSP dosis 60-120 gr. Pupuk tersebut digunakan per pohon dalam setahun. Sebenarnya dosis pupuk tergantung pada umur tanaman, jadi Anda harus waspada saat memilih dosis pupuk.

5. Proses pemeliharaan tanaman

Selama budidaya Anda wajib melakukan pemeliharaan tanaman. Adapun proses pemeliharaan terdiri dari proses penyiangan, pengairan dan pemangkasan.

6. Mencegah hama dan penyakit tanaman

Tanaman markisa dapat diserang nematoda dan lalat buah sehingga menyebabkan daun markisa menjadi berwarna kuning. Cegah hama tersebut dengan menggunakan insektisida sesuai dosis aturan pakai.

Melihat cara budidaya markisa dengan benar begitu mudah, jadi Anda tidak perlu takut untuk segera mencoba melakukan budidaya tanaman markisa. Lagipula markisa merupakan tanaman budidaya yang laku keras di pasaran, sehingga menguntungkan Anda.