Mengenal 4 Jenis Tanaman Markisa

Sebelum melakukan budidaya tanaman markisa, Anda harus mengenal jenis buah markisa terlebih dahulu. Pemilihan jenis tanaman budidaya markisa sangat penting, jadi wajib dipertimbangkan dengan baik. Ada 4 jenis tanaman markisa yang sering dibudidayakan berikut ini empat jenisnya.

Jenis-jenis Buah Markisa

Berikut merupakan berbagai jenis buah markisa yang perlu diketahui

  1. Markisa ungu

Markisa ungu memiliki nama lain yaitu purple passion. Jenis buah markisa ini memiliki ciri-ciri diantaranya yaitu bentuk buahnya bulat lonjong, saat masih muda buahnya berwarna hijau, ketika masak warnanya ungu agak kecoklatan, rasa buah markisa ungu sangat masam, aromanya harum dan ukuran buahnya bervariasi.

Tanaman dibudidayakan didataran tinggi, proses budidaya hingga penanaman bibit sampai panen membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 tahun. Bila buah sudah dipanen, selanjutnya dapat dijual atau diolah menjadi sirup markisa yang lezat.

2. Markisa manis

Markisa manis warnanya orange kekuningan. Buahnya berbentuk bulat lonjong dan ukurannya kecil. Soal rasa jenis markisa ini berbeda dari lainnya karena memiliki rasa manis. Anda hanya menemukan markisa manis diketinggian 1000 m dataran tinggi, karena tanaman hanya dapat tumbuh serta berbuah diketinggian tersebut.

3. Markisa Besar

Giant granadilla atau markisa besar memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan jenis buah markisa lainnya. Ukuran buahnya dapat mencapai tiga kali lipat. Meski ukurannya besar namun, buah jenis markisa besar kurang diminati karena aromanya biasa saja dan rasanya tawar.

4. Markisa kuning

Sebutan lain dari markisa kuning yaitu yellow granadilla. Markisa kuning memiliki ciri warnanya kuning, bentuknya buat agak lonjong, baunya harum dan ukurannya lebih kecil dari markisa ungu. Biasanya tanaman ini dibudidayakan pada dataran rendah. Jenis buah markisa kuning bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan nentar, sari buah, squash, jeli, selai, es krim, dan serbat.

Jenis buah markisa di atas bisa dipilih untuk dijadikan tanaman budidaya. Masukan bagi Anda agar memilih jenis tanaman markisa yang unggul. Contohnya dari keempat di atas jenis paling karena hasil panen buahnya bisa dijual dan dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan makanan.