Cara Menanam Buah Markisa Dengan Benar

Buah Markisa adalah salah satu buah yang banyak memiliki manfaat. Buah dengan nama latin passiflora edulis ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu buah markisa kuning atau Passiflora flavicarva dan buah markisa ungu atau Passiflora edulis. Buah yang tumbuh di daerah tropis maupun sub tropis ini, dapat dibudidayakan dengan mudah. Buat Kamu yang mau menanamnya , Kamu dapat baca cara menaman buah markisa dengan benar menggunakan biji buah segar di bawah ini.

Cara Menaman Buah Markisa Dengan Benar menggunakan buah markisa segar

Menanam buah markisa bisa dengan menggunakan buah markisa yang masih segar. Kamu bisa membeli buah markisa di toko buah di sekitar tempat tinggalmu. Kamu bisa memilih sendiri jenis buah markisa yang ingin Kamu tanam. Entah itu buah markisa kuning atau buah markisa unggu.

Salah satu kelebihan menggunakan buah markisa segar adalah biji buah markisa segar lebih cepat berkecambah daripada menggunakan biji markisa kering yang diawetkan dengan dijemur di bawah sinar matahari.

Nah berikut ini cara menaman buah markisa dengan benar:

  1. Pertama, siapkan buah markisa segar untuk jenis sesuai selera. Buka dengan pisau, lalu tuangkan dalam sebuah wadah.

2. Tuangkan biji markisa diatas kain. Gosok sehingga selaput yang membungkus buah mengelupas. Kamu akan menemukan biji buah markisa yang berwarna hitam di dalamnya.

3. Cuci bersih, kemudian keringkan dibawah sinar matahari selama dua atau tiga hari. Setelah kering letakkan biji di tempat yang teduh.

Siapkan wadah penyemaian bibit

Untuk cara menaman buah markisa dengan benar, perhatikan medium penanaman. Sebagai medium penemaian bibit, Kamu dapat menggunakan bekas gelas air mineral atau bisa membeli polybag.

Bisa juga penyemaian dilakukan secara masal di wadah penyemaian yang besar, misal wadah besar berbentuk persegi empat yang dibawahnya terdapar lubang sebagai tempat sirkulasi udara.

  1. Campur tanah dengan pupuk kandang/pupuk kompos, sekam padi dengan perbandingan 1:1:1.

2. Tuangkan tanah dalam medium penyemaian (polybag atau medium lainnya) setinggi 10-15 cm. Ratakan. Letakkan biji buah markisa 2 biji (jika menggunakan polybag) dan letakkan biji markisa dengan jarak 2 cm antara biji satu dengan biji lainnya (jika menggunakan medium penyemaian masal). Tutup dengan tanah gembur supaya biji markisa tidak terbawa air atau termakan oleh binatang.

3. Semprot atau siram benih secara berkala ketika permukaan tanah mulai mengering. Tujuan utama dari penyiraman ini adalah supaya biji dalam keadaan lembab, sehingga mempercepat proses berkecambah dan mempercepat pertumbuhan. Sangat disarankan untuk menggunakan semprotan agar biji tidak terbawa air.

Pemindahan bibit buah markisa

Cara menaman buah markisa dengan benar, juga harus memperhatikan pemindahan bibit secara benar. Jangan sampai saat akan menanam akar bibit buah mrkisa kepotong atau tanah penyemaian hancur akibat kurangnya kehati-hatian kita.

1. Gali tanah permanen, tempat yang akan digunakan untuk menanam bibit buah markisa, sedalam 20-25 cm, dan lebar juga sekitar 20-25 cm. Hal ini bisa sesuai perkiraan pribadi Kamu, tapi yang jelas pastikan ada ruangtersisa untuk dimasukan pupuk nantinya.

2. Siapkan pupuk, sekam padi dan air. Campurkan pupuk dan sekam padi dengan perbandingan 1:1

3. Robek playback yang digunakan sebagai medium penyemaian bibit buah markisa tadi. Hati hati daat melakukan, jangan dampai memotong akar atau tanah bibit penyemaian tadi hancur. Letakkan bibit buah markisa ditengah-tengah lubang galian.

4. Tutup bekas galian di sekitar bibit dengan campuran pupuk kamdang/kompos dan sekam padi. Kemudian tutup dengan tanah yang berada di sekitar lubang tempat menanam buah markisa.

5. Tancapkan kayu atau media lainnya di sekitar pohon buah markisa. Ini betujuan sebagai media rambat pohon markisa. Jika perlu kayu yang hidup, sehingga bisa menjadi pondasi kuat saat buah markisa berbuah.

6. Siram dengan air agar akar bibit buah markisa lembab. Kamu bisa menyiraminya setiap sore. Lakukan secara berkala.

Buah markisa merupakan buah yang mudah hidup di daerah sub tropis dan daerah tropis. Dengan perawatanya yang terbilang cukup mudah, bisa menjadi bahan pertimbangan buat Kamu yang mau mulai berbisnis dengan buah markisa, atau sekedar ingin menghias tamanmu dengan menanam buah markisa. Cara menaman buah markisa dengan benar diatas dapat menjadi salah satu alternatif buat Kamu yang ingin mencoba.