3 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Salah satu jenis buah tropis yang cukup mudah ditemukan di Indonesia adalah markisa. Buah ini kerap kali diremehkan karena harganya yang cenderung murah. Meski begitu sebenarnya buah satu ini memiliki kandungan gizi tinggi. Tak hanya lezat disantap, atau dijadikan sebagai campuran puding, makanan atau minuman, ternyata manfaat buah markisa bagi kesehatan juga cukup banyak.

Buah markisa memiliki rasa yang cenderung asam dan manis. Campuran dua rasa ini memang begitu menggoda sehingga banyak digunakan sebagai campuran makanan atau minuman. Nah, di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak yang membudidayakan markisa. Bahkan beberapa produsen seperti produsen sirup dan minuman kemasan menjadikan buah satu ini sebagai salah satu produk unggulannya.

3 Manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh manusia

Banyaknya manfaat buah markisa bagi kesehatan tak jauh dari kandungan vitamin dan mineral didalamnya. Dalam markisa terkandung banyak nutrisi yang teramat baik bagi tubuh salah satunya yang paling dominan adalah vitamin C. Selain vitamin C gizi yang terkandung dalam buah markisa lainnya yakni karoten, niasin, asam nitrat, zat besi, kalsium dan fosfor.

Langsung saja daripada penasaran, berikut beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Imunitas

Markisa kaya vitamin C sehingga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam 100 gram markisa kandungan vitamin C nya mencapai 30 miligram. Vitamin ini mampu membantu tubuh untuk mengurangi radikal bebas.

Baca juga: 3 Manfaat utama Markisa Untuk Ibu Hamil

2. Anti kanker

Makan buah markisa dapat meningkatkan aktivitas anti-karsinogenik di tubuh. Polifenol, antioksidan dan karotenoid hadir dalam markisa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, khususnya untuk kanker paru-paru dan kanker mulut.

3. Baik untuk pencernaan

Markisa memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu berperan sebagai pencahar alami. Nah, secara tidak langsung ini juga baik untuk usus. Dengan kandungan serat yang tinggi juga akan membuat Anda terbebas dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, perut mulas, lambung dan gangguan pencernaan lainnya.

Manfaat buah markisa bagi kesehatan yang beragam seperti diatas, kita tidak bisa mengesampingkan peranannya yang sangat baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara teratur dan berimbang. Mulailah mengonsumsi buah-buahan seperti markisa, untuk memperoleh manfaatnya bagi tubuh.

WhatsApp Chat Disini ya Kak :)