Mengenal Lebih Dalam Tentang Tanaman Markisa

Tanaman markisa memiliki buah yang rasanya masam, namun ada juga jenis buah markisa yang rasanya manis. Tanaman yang berasal dari Amerika ini sudah tersebar diberbagai negara lainnya. Salah satunya yaitu di Indonesia, beberapa daerah yang memproduksi budidaya markisa tertinggi di Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara. Sekarang tanaman markisa sudah tersebar diseluruh Indonesia, jadi Anda bisa mengenal tanaman markisa secara langsung.

Mengenal Tanaman Markisa Secara Detail

Markisa merupakan tanaman yang kaya manfaatnya. Baik manfaat untuk pengobatan dan digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kue, sirup, makanan, dan lainnya. Anda telah mengetahui manfaat buah markisa, sekarang saatnya mengenal tanaman markisa secara detail dengan melihat penjelsannya berikut:

1. Batang dan daun

Batang markisa berbentuk spiral dilengkapi dengan sulur yang berfungsi untuk membantu merambat. Batang ukurannya kecil tetapi sangat panjang. Daun tanaman markisa menjari, bercangap lebar, dan berwarna hijau.

2. Buah

Buah markisa memiliki biji yang banyak. Menurut jenisnya, buah markisa memiliki ciri berbeda-beda. Buah markisa kuning dan ungu rasanya masam serta sedikit manis, berbentuk bulat lonjong, dan mahkota bunga warnanya ungu keputihan. Sedangkan jenis buah markisa hutan bentuknya bulat sedikit lonjong, warnanya kuning, ukurannya kecil dan rasanya hanya masam.

Baca juga: Cara Menanam Bibit Markisa Agar Berbuah LebatĀ 

Terakhir yaitu buah markisa besar yang bernama Granadilla buto, ciri buahnya yaitu berukuran besar, rasanya hambar, dan warnanya kuning. Biasanya Granadilla digunakan untuk campuran membuat sirup atau sari buah.

3. Sistem perakaran

Tanaman markisa memiliki sistem perakaran tunggang. Arah pertumbuhan akar ke bawah dan serabut kecil ke arah samping.

4. Bunga

Mengenal tanaman markisa selanjutnya ke bagian bunganya. Tanaman markisa memiliki bunga ukuran besar, bentuknya mirip mangkok. Warna bunga putih keunguan, hermaprodit (berkelamin dua), dan memiliki aroma khas. Bunga melakukan penyerbukan sendiri, tetapi juga dibantu dengan hewan lebah madu.


Penjelasan mengenai tanaman markisa di atas cukup detail. Saat ini Anda telah mengenal tanaman markisa dengan baik karena telah memahaminya. Bila sudah mengenal tanaman markisa dengan detail selanjutnya Anda juga harus mengetahui budidaya tanaman tersebut.