Es Markisa: Minuman Segar dan Sehat Pelepas Dahaga

Siapa yang tidak tahu dengan markisa? Buah berbentuk bulat dengan aroma yang nikmat dan khas ini memang sangatlah menggugah selera. Memang rasa buahnya cenderung masam,namun justru disitulah kenikmatannya. Sensasi masam dan manis serta segar dari es markisa membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai teman kala cuaca sangat panas.

Di Indonesia sendiri markisa ada berbagai jenis, ada markisa ungu, konyal, kuning, dan juga erbis. Kesemuanya merupakan jenis yang paling sering dibudidayakan di Indonesia. Nah, yang manapun itu, markisa tetap memiliki rasa khas yang manis dan segar. Apalagi ketika dibuat sebagai minuman pelepas dahaga.

Nah, bagi Anda yang mungkin belum pernah mencoba es dari markisa, cobalah tips dan resep dibawah ini:

Tips memilih buah markisa

Sebelum kita membuat minuman segar dari markisa ini, tentulah hal terpentingnya mencari buah markisa. Nah, memilih buah sudah pasti menjadi salah satu hal yang paling membosankan.

Apalagi bagi kita yang awam. Selain itu setiap jenis buah memiliki karateristik yang berbeda, tak terkecuali markisa. Jika Anda membeli buah markisa, pastikan untuk memilih buah markisa yang sudah matang dan memiliki rasa manis. Buah markisa ini biasanya ditandai dengan warna buah yang ungu gelap dengan kulit yang sedikit keriput.

Sedangkan tingkat kelezatannya bisa dilihat dari banyaknya biji didalamnya. Cara mengetahuinya dengan mengkocoknya. Jika ketika ditekan atau dikocok Anda merasakan ada banyak cairan, maka tandanya buah ini sudah matang sempurna dengan rasa yang lezat.

Resep membuat es markisa

Setelah mendapatkan bahan utama, yakni markisa, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan dan mengeksekusinya. Berikut bahan dan cara pembuatan es markisa yang perlu diperhatikan:

Bahan yang perlu disiapkan

– Markisa matang 1 buah (belah dulu menjadi dua kemudian ambil isinya)
– Sirup gula pasir 1 sendok makan
– Air panas 1 gelas

– Nata de coco
– Es batu yang telah diserut
– Pemanis alami misal madu (jika suka)

Cara membuat:

Cara membuatnya cukup mudah, karena alat dan bahannya yang sudah pasti bisa

ditemukan dengan mudah didapur.
1. Siapkan gelas lalu masukkan buah markisa yang sudah dibersihkan tadi kedalam gelas
2. Masukkan bahan lain seperti sirup gula, air panas dan nata de coco
3. Aduk semua bahan hingga bercampur rata
4. Tunggu sebentar hingga air panas tadi menjadi dingin atau hangat
5. Setelah itu tahap terakhir adalah memasukkan es batu dan kemudian tuangkan madu secukupnya diatasnya. Es markisa sirup dihidangkan.

Itulah cara mudah membuat es markisa. Nah, jika Anda tidak memiliki buah markisa, atau kesulitan untuk mencarinya, Anda bisa gunakan sirup markisa. Rasanya tidak jauh berbeda dengan buah markisa asli. Sensasi manis asam dan segarnya juga dijamin tak akan berubah.

Selain dijadikan es, buah markisa juga nikmat di jus atau dibuat selai. Nah, yang paling asyik, Anda juga bisa menyantap buah markisa dicampur yoghurt. Kombinasi rasa antara markisa dan yoghurt dijamin bakal bikin ketagihan. Nikmati sajian sehat es markisa ini disiang hari sambil bersantai bersama keluarga.

WhatsApp Chat Disini ya Kak :)