Resep Es Kelapa Sirup Markisa yang Cocok jadi Suguhan untuk Keluarga

Ketika keluarga besar berkumpul, tentunya Anda ingin memberikan sebuah suguhan istimewa untuk mereka. Apalagi jika ketika itu hari tengah sangat panas. Nah ketika ini minuman dingin yang segar tentu menjadi solusi terbaiknya. Jika sudah begini, maka sirup markisa menjadi salah satu sajian terbaik untuk para tamu yang datang. Tak hanya segar, berbagai jenis kreasi minuman pelepas dahaga bisa diolah dari sirup buah markisa.

Salah satu minuman berbahan sirup buah markisa yang cocok menjadi solusi di hari yang panas adalah es kelapa sirup markisa. Kombinasi es kelapa yang segar dengan sirup buah markisa dengan rasa dan aroma khasnya dijamin membuat ketagihan. Apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya.

Resep membuat sirup markisa

Untuk membuat resep ini, sebelumnya perlu diketahui dulu untuk masalah sirupnya. Nah, sirup yang digunakan disini bisa menggunakan sirup kemasan yang dijual dipasaran, atau bisa juga menggunakan sirup buatan sendiri. Pada dasarnya keduanya sama, hanya saja untuk urusan kepraktisan jelas praktis sirup kemasan, selain itu daya tahannya juga cenderung lebih lama. Namun kalau untuk masalah rasa, jelas lebih nikmat buatan sendiri.

Jika ingin menggunakan sirup buatan sendiri, maka simak dulu tips dan cara membuat sirup dari buah markisa dibawah ini.

1. Alat yang digunakan untuk membuat sirup haruslah bersih agar sirup tidak lekas berjamur.

2. Bersihkan dulu botol yang akan digunakan untuk menyimpan sirup. Anda bisa membersihkannya dengan cara dicuci bersih lalu seduh botol dengan air panas.

3. Hindari memasukkan sirup dalam keadaan botol masih basah. Pastikan ketika akan memasukkan sirup, botol sudah dalam keadaan tidak berbau, bersih dan benar-benar kering.

4. Ketika membuat sirup, usahakan perbandingan air dan gulanya 1:2. Jadi maksudnya untuk setiap 500ml sirup, gula yang dibutuhkan sebanyak 1 kg.

5. Cara pembuatannya mudah. Siapkan panci, masukkan air kedalamnya dan didihkan. Setelah itu masukkan gula pasir dan aduk terus sampai rata. Setelah selesai, matikan api dan buang bisa yang timbul di permukaan.

6. Usahakan menggunakan gula pasir dengan butiran kecil untuk warna yang lebih jernih.

7. Jika Anda ingin membuat sirup menggunakan pasta atau esen, Anda cukup menambahkannya jika larutan gula telah dingin.

8. Membuat sirup dengan esen memang memiliki warna yang lebih menggoda, namun masalah rasa jelas lebih nikmat sirup berbahan buah asli.

Resep membuat es kelapa sirup markisa

Setelah sirup markisa selesai dibuat atau disiapkan, langkah selanjutnya adalah eksekusi.

Berikut bahan dan cara membuat es kelapa sirup markisa.

Bahan

– Kelapa muda yang telah dikeruk lebar (secukupnya)
– Selasih ½ sendok makan yang telah direndam dan ditiriskan
– Air kelapa muda 1.100 ml
– Sirup buah markisa 100 ml
– Es batu secukupnya

Cara membuat:

Cara membuatnya sangat ringkas. Siapkan wadah lalu masukkan semua bahan jadi satu.

Aduk hingga semuanya tercampur dan es kelapa dengan sirup markisa siap disajikan.

WhatsApp Chat Disini ya Kak :)