Resep Cake Sirup Markisa yang Lezat, Sehat Menyegarkan

Siapa yang tak kenal dengan markisa. Buah yang memiliki rasa khas kombinasi masam, manis dan segar ini menjadi salah satu jenis buah sehat yang paling dicari. Tak hanya sekedar dijadikan camilan langsung, markisa juga bisa diolah menjadi beragam makanan dan minuman yang nikmat, salah satunya dibuat cake sirup markisa

Nah, untuk pembuatan cake atau bolu ini bisa menggunakan markisa segar, namun lebih baik dan lebih mudahnya jika kita menggunakan sirup markisa. Rasa sirupnya tak jauh berbeda dari markisa yang masih segar dan penggunaannya untuk resep cake ini juga lebih mudah. Penasaran bagaimana resepnya?

Sebenarnya resep bolu atau cake ini termasuk kategori resep lama. Namun biasanya orang dulu lebih suka menggunakan sirup jeruk. Namun tidak ada salahnya jika kita coba untuk berkreasi sedikit yakni dengan mengganti sirup jeruk dengan sirup markisa. Memiliki rasa yang mirip, markisa memiliki kesegaran yang berbeda sehingga dijamin semakin nikmat.

Resep bolu atau cake sirup markisa

Nah, sirup markisa sendiri ada banyak jenisnya. Namun dalam resep kali ini digunakan sirup markisaku karena rasa dan aroma yang lebih kuat dibandingkan dengan olahan yang tidak terjaga keaslianya.

Bahan yang perlu dipersiapkan

Untuk bahan akan dibedakan menjadi 3 yakni bahan A, B, C dan D.

Bahan A:

– 1 ons butter yang sudah dicairkan

– Gula halus 70 gram

Bahan B

– 2 kuning telur

– 1 butir telur

Sirup markisaku 250ml

Bahan C (campur semua bahan C kemudian ayak)

– Baking powder 2 sendok teh

– Tepung terigu 275 gram

– Baking soda ½ sendok teh

– Garam ½ sendok teh

Bahan D

– Air panas 125 ml

– Gula halus 175 gram

– Butter 2 sendok makan

– Sirup markisaku 62 ml

– Susu cair 2 sendok makan

Cara membuat

1. Mixer 1.2 bagian dari butter dan gula halus sampai tercampur rata semuanya. Lalu masukkan sirup markisa dan sisa dari gula halus tadi. Kemudian campur atau mixer lagi hingga rata. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sampai kekentalannya sesuai dengan keinginan kita. Setelah itu matikan mixer dan sisihkan terlebih dulu.

2. Campurkan gula dan butter kemudian mixer dari kecepatan yang sedang lalu ke kecepatan tinggi sekitar 30 detik. Lalu jika hasil mixer sudah lembut dan tercampur rata, masukkan telur, kuning telur dan juga sirup. Mixer kembali sampai semua bahan tercampur rata.

3. Tambahkan campuran air panas dan terigu secara bergantian dan mixer dengan kecepatan yang paling rendah. Lakukan hal ini sampai semua bahan tercampur rata.

4. Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan tepung terigu dan margarine. Masukkan adonan kedalamnya lalu panggang sekitar 30 menit pada suhu 180 derajat celcius sampai matang.

5. Keluarkan dari loyang kemudian siramkan dengan icing glazenya.

Cukup mudah kan membuat cake bolu sirup markisa. Rasakan sensasi lezat markisa dalam setiap gigitannya bersama keluarga tercinta.

WhatsApp Chat Disini ya Kak :)